Glossary - Banking (H)

Hamburg Rules, peraturan Hamburg
Perangkat hukum pengangkutan yang terbentuk berdasarkan suatu konvensi internasional oleh UNCTAD yang mengatur tentang tanggung jawab pengangkut terhadap kerugian dan kehilangan dalam pengangkutan laut.

Hand Money, uang muka, panjar
Uang muka sebagai panjar atau tanda jadi suatu transaksi atau kontrak.
Lihat Earnest Money.

Handsel, jabat tangan tanda tercapainya kesepakatan
Istilah ini sering pula disamakan artinya dengan uang muka, sebab biasanya setelah jabat tangan diikuti dengan pembayaran uang muka.
Lihat Hand Money.

Harbor (n), pelabuhan laut

Harbor (v), memberi tempat, menampung
Memberi perlindungan atau tempat tinggal terhadap seseorang dengan maksud untuk menyembunyikannya.

Harbor Dues, biaya pelabuhan
Ongkos yang harus dibayar untuk menikmati pelayanan jasa ke pelabuhan.

Hard Cash, uang logam, koin
Mata uang dalam bentuk kepingan logam sebagai lawan dari uang kertas.

Hard Currency, mata uang keras
Segala alat tukar yang secara internasional dapat diterima yang tidak mendapat pengawasan penggunaannya oleh pemerintah dan tidak didukung oleh sistem nilai tukar atau kurs resmi.

Hard Loan, pinjaman keras
Pinjaman luar negeri yang pembayarannya harus dengan mata uang keras.

Hard money, uang ketat
Mata uang suatu negara yang memiliki nilai tukar stabil di dalam negeri maupun di pasaran luar negeri; mata uang dalam bentuk kepingan logam; situasi moneter suatu negara yang ditandai dengan tingkat suku bunga yang tinggi sehingga sulit bagi orang-orang untuk memperoleh pinjaman.
Lihat, HARD CASH.

Harmonized System, sistem harmonisasi
Sistem pengklasifikasian barang ke dalam nomor-nomor tarif tertentu yang diterima secara internasional.

Havana Charter, persetujuan Havana
Persetujuan internasional multilateral yang diadakan tahun 1948 di Havana bertujuan untuk membentuk suatu organisasi dagang internasional tetapi gagal, dan sebagai gantinya disahkannya persetujuan umum tentang tarif dan perdagangan atau GATT.

Hawker, pedagang kaki lima, pedagang asongan
orang-orang yang menjajakan barang tidak dengan membuka toko atau kios atau wa¬ning, melainkan dengan menawarkannya di tepi jalan; juga disebut sebagai pedagang sektor informal.

Hawking, berdngang di kaki lima, mengasong
Melakukan penjualan barang secara mengasong.

Hazard, azahar
Kondisi yang dapat menimbulkan bahaya.

Hearing, dengar pendapat, pemerikscuin
Proses atau tahap diskusi atau perundingan dalam membuat suatu undang-undang di parlemen; pemeriksaan perkara di depan hakim.

Heavy Market, pasar lesu
Keadaan bursa sekuritas yang lesu karena indeks harga sekuritas mengalami penurunan.

Hedge Clause, klausul pengingkaran
Klausul dalam suatu perjanjian yang menyatakan pengingkaran atau penyangkalan mengenai ketepatan informasi yang diperoleh dari sumber-sumber luar.

Hedger, pelaku tindakan cegah risiko
Seseorang yang tidak mau menanggung risiko dalam transaksi komoditi, valuta asing atau sekuritas, sehingga melakukan tindakan pencegahan risiko berupa pembuatan perjanjian lain berdasarkan spekulasi dengan maksud untuk mendapatkan kompensasi apabila benar terjadi fluktuasi harga di kemudian hari.

Hedging, cegah risiko
Menutup transaksi jual beli komoditi, sekuritas, atau valuta sejenis untuk menghindari kemungkinan kerugian karena perubahan harga.

Hidden Defect, cacat tersembunyi
Kerusakan atau cacat pada suatu benda yang tak tampak secara langsung atau yang sebelumnya tak diketahui terlebih dahulu, misalnya pembeli suatu barang tak mengetahui bahwa barang tersebut sesungguhnya mengandung kerusakan atau cacat sehingga ia bersedia membelinya, ternyata setelah kontrak terjadi ia baru mengetahui kerusakan tersebut.

High Finance, pembiayaan canggih
Penggunaan dana milik orang lain untuk tujuan spekulasi sehingga berisiko hilangnya atau rugiiiya si pemilik dana itu; meminjam atau meminta kredit dalam batas jumlah tertinggi yang diperbolehkan perundang-undangan; jenis transaksi keuangan atau pembiayaan yang sangat rumit.

High Seas, laut bebas
Bagian tertentu dari wilayah lautan di luar batas wilayah perairan nasional suatu negara.

Hire (v), menyewa
Perbuatan hukum berupa mempekerjakan seseorang dengan suatu pembayaran sejumlah uang, memakai atau menggunakan sesuatu barang dengan membayar sejumlah uang.

Hire Purchase, sewa beli
Perjanjian sewa dengan hak opsi untuk membeli barang yang disewa; pembelian barang dengan pembayaran angsuran dalam hal hak milik atas barang tersebut baru beralih secara sah ke pihak pembeli setelah ia membayar angsuran terakhir.

Hirer, penyewa
Orang yang menyewa suatu barang dan atau jasa.

Hold (v), memegang
Menguasai sesuatu benda atau hak dengan alas hak yang sah.

Holder, pemegang
orang yang menguasai atau memegang suatu hak, atau benda.

Holder in Due Course, pemegang sah
Seseorang yang secara hukum berwenang untuk memegang suatu hak atas benda bergerak atau benda tetap secara sah.

Holder in Good Faith, pemegang yang beritikad baik
Pemegang suatu alas hak yang jujur, tak bermaksud buruk yang harus mendapatkan perlindungan hukum.
Lihat Good Faith Purchaser.

Holding Company, perusahaan atasan
Perusahaan yang tidak menjalankan kegiatan bisnis sendiri melainkan mengendalikan perusahaan-perusahaan lain dengan cara memiliki sebagian atau seluruh saham dari perusahaan-perusahaan tersebut.

Home Banking, bank rumah
Konsep perbankan modern di mana seorang nasabah dapat menghubungi banknya untuk meminta segala informasi yang menyangkut rekeningnya serta melakukan berbagai transaksi cukup dengan meng¬gunakan pesawat telepon.

Home Country, negara asal investor
Negara tempat domisili hukum perusahaan-perusahaan asing atau investor asing yang melakukan transaksi bisnis ke luar negeri.

Home Financing, pembiayaan perumahan
Jenis kredit berjaminan yang diberikan kepada nasabah untuk keperluan pembelian dan atau pembangunan rumah.

Home Improvement Loan, pinjaman perbaikan rumah
Jenis kredit perbankan berjangka pendek dengan atau tanpa jaminan berupa hak tanggungan, yang dipemntukkan bagi nasabah yang bermaksud untuk memperbaiki, merawat atau memperluas rumahnya.

Home Port, domisili kapal
Tempat kedudukan hukum suatu kapal adalah pelabuhan di tempat kapal tersebut didaftarkan, atau pelabuhan terdekat dengan domisili pemiliknya.

Home Port Doctrine, ajaran domisili kapal
Kapal-kapal samudera yang menjalani pelayaran antamegara hanya akan dikenai pajak di dan menurut hukum tempat domisili kapal itu.

Honor (v), mengaksep, membayar
Mengaksep suatu wesel atau membayar suatu surat utang.

Honorarium, honorarium
Suatu pembayaran tanda hormat atau terima kasih terhadap seseorang atas jasanya.

Horizontal Merger, merger horisontal
Penggabungan beberapa perusahaan yang memproduksi produk yang sama atau sejenis dan menjualnya di wilayah pemasaran yang sama.

Horizontal Price Fixing Contracts, kontrak penetapan hnrga horisontal
Perjanjian penetapan harga antara sesama produsen produk sejenis atau produk identik, antara sesama distributor atau antara sesama pengecer.

Host Country, negara tuan rumah investor
Negara tempat aktivitas investor asing dan perusahaan asing melalui perusahaan nasional yang berafiliasi dengan induknya berlangsung.

Hot Card, kartu panas
Istilah untuk menggambarkan pemakaian kartu kredit melebihi batas maksimum kredit yang diberikan, umumnya peristiwa ini terjadi bila kartu kredit tersebut hasil curian, sehingga si pencuri menggunakannya secara tak sah dengan maksud menguras rekening pemilik asli dari kartu kredit itu.

Hot Card List, daftar kartu panas
Suatu daftar yang dimiliki pihak bank penerbit kartu kredit yang berisi identitas kartu-kartu yang hilang dan atau di curi beserta nomor rekening dan identitas pemiliknya yang sah.

Hot Money, uang panas
Uang yang secara cepat dilarikan atau dipertaruhkan untuk sasaran tertentu karena suatu perubahan kecil pada harga dengan tujuan memanfaatkan kesempatan untuk mencari keuntungan.

House Brand, lambang dagang pribadi
Lambang dagang yang dipakai oleh pedagang besar bukan produsen untuk barang yang dibelinya dari produsen tanpa lambang dagang.

Hybrid Security, sekuritas campuran
Suatu jenis sekuritas yang mengandung dua unsur sekaligus yaitu unsur pengakuan utang dan saham.

Hyperinflation, hiperinflasi
Inflasi yang melaju sangat cepat dan tinggi.

Hypotheca, hipotik
suatu hak kebendaan atas benda-benda tidak bergerak untuk mengambil penggantian daripadanya bagi pelunasan suatu perikatan (pasal 1162 KUHPerdata).

Hypothecate, pembebanan hak tanggungan, pemasangan hipotik
Perbuatan hukum berupa pembebanan hak tanggungan atau hipotik atas benda tetap, yang meliputi tahap pembuatan akta pemberian hak tanggungan dan tahap pendaftarannya di kantor pertanahan.

Hypothecation of Securities, agunan sekuritas
Penyediaan sekuritas untuk agunan pinjaman bank.

Hyphotheque, hipotik, hak tanggungan
Hak jaminan yang dibebankan pada hak atas tanah berikut atau tidak berikut benda-benda lain yang merupakan satu kesatuan dengan tanah itu, untuk pelunasan utang tertentu, yang memberikan kedudukan yang diutamakan kepada kreditur tertentu terhadap kreditur-kreditur lain.
Lihat Hyphoteca.